Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Pentingnya Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Dengan munculannya jurusan-jurusan kuliah yang semakin spesifik di era modern ini, memilih satu jurusan kuliah tentunya mejadi hal yang tidak mudah. Belum lagi memikirkan jurusan apa yang tepat, yang akan membuat anak kita sukses nantinya saat sudah lulus kuliah dan terjun ke dunia karir. Perlu banyak pertimbangan untuk bisa memilih jurusan yang tepat; ‘tepat’ dalam konteks yang pasti dan terarah terhadap tujuan akhir.

“Tugas kita sebagai orangtua adalah menjadi pembimbing internal― seseorang yang akan mengarahkan keinginan anak dengan memberikannya masukan yang relevan”

Faktor-faktor seperti minat dan kemampuan dari anak kita sendiri tentunya adalah faktor utama untuk dipertimbangkan. Selain dari itu, faktor-faktor eksternal seperti kondisi ekonomi global juga patut kita perhatikan dalam memilih jurusan yang tepat. Tentunya setelah memperhitungkan hal-hal tersebut, kita juga harus bersikap realistis agar pilihan yang didapat bisa direalisasikan. Bimbing anak anda untuk memilih jurusan yang tepat dan realistis dengan memikirkan poin-poin dibawah ini.

Ada beberapa kasus dimana para mahasiswa berpindah jurusan setelah beberapa semester, yang secara langsung menghambat waktu kelulusannya. Bahkan di kasus yang lebih ekstrim, mereka berhenti kuliah sepenuhnya. Mengapa kasus-kasus ini bisa terjadi? Ini biasanya terjadi karena saat memilih jurusan kuliah, minat dan kemampuan mereka tidak dipertimbangkan. Tugas kita sebagai orangtua adalah menjadi pembimbing internal― seseorang yang akan mengarahkan keinginan anak dengan memberikannya masukan yang relevan. Sayangnya ada beberapa orangtua yang memaksakan kehendaknya tanpa mempertimbangkan pola pikir dan kepribadian anaknya. Ajak anak anda berdiskusi untuk mencari tahu minat aslinya, dan berikan saran agar minatnya dapat tersalurkan dengan tepat.

Selain pertimbangan yang sifatnya internal, kita juga harus melihat faktor-faktor eksternal seperti kondisi ekonomi global. Dengan mengevaluasi tren ekonomi global, tentunya kita akan lebih bisa memprediksikan bidang apa yang akan menonjol nanti. Peluang bisnis apa dan pekerjaan apa yang dalam 3-4 tahun lagi akan memiliki probabilitas tinggi untuk sukses? Dalam hal ini, sangat baik untuk tidak berasumsi dan berkonsultasi dengan berbagai pihak agar mendapatkan informasi yang relevan.

“Perlu banyak pertimbangan untuk bisa memilih jurusan yang tepat; ‘tepat’ dalam konteks yang pasti dan terarah terhadap tujuan akhir.”

Pada akhir kata, setelah memikirkan minat dan kemampuan anak, dan segala faktor eksternal, selalu ingat bahwa pilihan jurusan kuliah tetap harus yang realistis. Apabila anak kita memilih jurusan yang tepat dan realistis, tentunya dia akan lebih termotivasi untuk belajar. Hal ini tentunya akan berdampak sangat positif dalam kesehariannya di universitas, dan akan menjadi fondasi yang efektif untuk kesuksesannya di jenjang berkarir nanti.

M.V. Saliechan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.