Meningkatkan Kepercayaan Diri, Secara Bertahap

Meningkatkan Kepercayaan Diri, Secara Bertahap

Kita semua tahu bahwa kepercayaan diri adalah faktor yang sangat esensial bagi kehidupan sehari-hari kita. Sebuah faktor yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan, karena banyak hal yang anda lakukan akan terpengaruh oleh level percaya diri anda dalam melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Tanpa rasa percaya diri, anda bisa saja jatuh ke kondisi depresif, yang akan mempengaruhi kemampuan untuk membuat pilihan yang baik saat menghadapi berbagai masalah.

Banyak orang yang merasa bahwa mereka kurang percaya diri, dan disini saya akan berbagi dengan anda beberapa tips untuk membangun dan meningkatkan rasa percaya diri. Mungkin anda telah melakukan beberapa langkah yang tertulis disini, namun tidak mengerti bagaimana langkah-langkah tersebut bisa mengontrol level kepercayaan diri anda. Menurut seorang psikolog, Abraham Maslow, manusia membutuhkan rasa hormat dari orang lain, dan dari dirinya sendiri. Kedua kebutuhan mendasar ini harus dipenuhi terlebih dahulu agar seseorang dapat mencapai aktualisasi diri. Karena rasa hormat dan harga diri ini berkorelasi dengan rasa percaya diri, anda akan menemukan bahwa mereka saling berhubungan.

Pertama, terimalah dirimu sebagai pribadimu yang sebenarnya. Berhentilah membandingkan apa yang anda miliki dengan apa yang orang lain miliki. Perbandingan biasanya akan berujung kepada pembicaraan pribadi yang bersifat negatif saat anda sedang tidak memiliki pola pikir yang positif. Kita tidak mau ini terjadi karena ini akan menjauhkan anda dari tujuan anda, yaitu meningkatkan rasa percaya diri.

Albert Einstein pernah berkata, “Setiap orang itu jenius. Tetapi jika anda menilai seekor ikan dari kemampuannya memanjat pohon, ia akan percaya seumur hidupnya bahwa ia itu bodoh.” Kita semua punya keterampilan dan kelemahan yang berbeda. Kita selalu bisa memperbaiki hal-hal yang kita tidak bisa lakukan dengan baik. Ketahui semua hal apa yang anda bisa lakukan dengan baik dan rasakan rasa percaya diri yang datang dari hal-hal tersebut, terutama saat anda merasa gundah. Apabila anda merasa sulit untuk menemukan keterampilan dan kelemahan anda, tanyalah teman yang anda percayai. Saya melakukan ini beberapa pekan yang lalu, dan akibatnya saya sadar akan hal-hal yang ternyata saya lakukan secara sangat mahir. Ya, menyadari hal-hal tersebut membuat saya merasa jauh lebih nyaman dengan diri saya.

Berlatih. Ya, latihlah dirimu untuk menjadi lebih terampil di hal-hal yang bisa anda lakukan lebih baik. Seringkali, kepercayaan diri dihubungkan dengan berbicara ke orang lain atau melakukan sesuatu di depan publik. Berlatihlah dan persiapkan diri anda untuk bisa menghadapi apapun yang akan terjadi, sampai anda merasa bahwa anda bisa melakukannya secara tidak sadar.

Saya harap langkah-langkah ini bisa membantu anda membangun dan meningkatkan kepercayaan diri anda, dan membuat anda bisa menjalani hidup anda dengan lebih baik.

 

B.M. Hendarso

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.