Kendala Utama Bagi Bisnis Online yang Masih Di Tahap Awal

Kendala Utama Bagi Bisnis Online yang Masih Di Tahap Awal

Sudah sangat banyak bisnis online yang bermunculan akhir-akhir ini di media sosial. Walau ada banyak cerita sukses disekitar lingkup bisnis online, banyak juga kisah yang membuat kita berpikir dua kali untuk menjalankan sebuah bisnis online. Di era dimana kompetisi antar bisnis sudah semakin ketat, bagaimana caranya agar sebuah bisnis online bisa sukses? Apalagi bagi orang-orang yag baru ingin memulai mencari nafkah di ranah bisnis online?

Bisnis online yang sukses, adalah bisnis yang telah mengatasi berbagai hambatan dengan solusi yang efektif dan tepat. Saat ini siapapun secara teknis bisa memulai bisnis online, dan maka dari itu banyak sekali hambatan yang terjadi oleh karena kompetisi. Tidak sedikit bisnis online yang baru berjalan sebentar dan harus berhenti berjalan akibat tidak bisa menangani tantangan dengan efisien dan efektif. Maka dari itu, amatlah penting bagi kita yang ingin memulai bisnis online untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang mungkin terjadi saat memulai dan menjalankan sebuah bisnis online.

Berikut adalah kendala utama yang dialami pada tahap awal bisnis online:

1. Mudah menyerah di tahap perkembangan

Tahap awal sebuah bisnis online adalah tahap yang sangat sulit untuk dilalui. Anda telah memilih 1 ide untuk dikembangkan sebagai sebuah bisnis online. Anda memilih ide ini karena anda yakin, ide ini berpotensi untuk membuat penghasilan yang tidak seberapa. Jangan hilang harapan dan menyerah apabila bisnis anda tidak menghasilkan di bulan-bulan awal.

Dibutuhkan waktu untuk membuat bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan bagi anda; tidak ada yang instan. Banyak pribadi yang langsung menyerah di tahap perkembangan bisnis karena bagi mereka bisnis online ini tidak membuahkan hasil seperti yang mereka inginkan. Ingat bahwa ada beberapa perusahaan yang tidak menghasilkan keuntungan apapun sampai akhir tahun pertama.

2. Tidak pandai dalam menggunakan teknologi

Bisa menggunakan media sosial dan melakukan riset di internet tidak berarti anda pandai menggunakan teknologi. Keterampilan dalam hal mengurus website dan memasang iklan online sangatlah penting untuk melancarkan bisnis online anda. Apabila anda tidak memiliki keterampilan-keterampilan ini, mungkin anda butuh orang yang handal dalam bidang ini untuk membantu anda.

3. Menemukan segmen pasar yang tepat

Banyak yang berkata bahwa banyak sekali penduduk di Indonesia dan maka dari itu ada banyak sekali pelanggan. Hal ini setengah benar. Apabila anda menjual produk kecantikan, tentu tidak mungkin semua penduduk di Indonesia akan membelinya bukan? Apabila anda menjual semua jenis barang untuk semua umat, berarti anda akan melakukan pemasaran yang sangat besar biayanya untuk menargetkan semua orang.

Temukan segmen pasar yang tepat untuk servis/produk yang anda akan jual agar anda dapat sebuah segmen pasar yang bisa anda kuasai secara efektif.

4. Ekspektasi yang terlalu berandai-andai

Akibat dari berbagai cerita sukses bisnis online, banyak yang berpikir bahwa bisnis online sangat mudah dan sangat menguntungkan. Bisnis online memang secara relatif cenderung lebih mudah dijalankan, namun tidak berarti mudah. Kerja keras justru sangat berpengaruh untuk sebuah bisnis online. Sebagai contoh, apabila anda menjual sebuah produk, anda harus siap menjawab pertanyaan calon pelanggan di jam-jam malam.

Selain faktor mudah dijalankan, banyak juga ekspektasi tidak realistis dalam hal keuntungan. Tidak ada yang instan dalam bisnis, dan maka dari itu butuh waktu untuk bisnis anda agar bisa mencapai target keuntungan yang anda dambakan.

Akhir kata, kendala-kendala ini hanya akan menghentikan bisnis online anda apabila anda tidak sigap menghadapi mereka. Apabila anda ingin memulai sebuah bisnis online, pikirkanlah matang-matang solusi anda untuk kendala-kendala diatas. Tetap fokus dan yakinlah dengan ide awal anda. Dengan kegigihan, tentunya anda akan terus melangkah menuju kesuksesan.

M.V.Saliechan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *