Apa Penyebab dan Pencegahan Dari Candu Narkoba?

Apa Penyebab dan Pencegahan Dari Candu Narkoba?

Banyak anggota masyarakat Indonesia tidak mengerti mengapa dan bagaimana seseorang bisa memiliki sebuah adiksi terhadap narkoba. Tidak sedikit yang mengasosiasikan kecanduan narkoba dengan defisit moral dan kurangnya tekad; bagi mereka, adiksi ini secara mudahnya akan hilang hanya dengan tambahan edukasi moral dan tekad yang kuat. Candu narkoba adalah sebuah kondisi yang kompleks, dan maka dari itu kita harus mengerti dulu apa sebenarnya candu narkoba sebelum menghakimi orang-orang yang sedang mengalami kondisi ini. Patut diingat bahwa pada dasarnya kita ingin membantu mereka untuk bisa mengatasi kondisi ini dan kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif; bukan menghakimi mereka.

Apa itu candu? Candu, atau lebih baik disebut sebagai adiksi, adalah sebuah kondisi kronis dimana seseorang merasa bahwa dia sangat menginginkan sesuatu. Keinginan ini sangatlah kuat sifatnya dan sulit dikendalikan; walaupun orang tersebut tahu akan konsekuensi negatif yang akan muncul dari keinginan ini, susah baginya untuk melawan. Penggunaan narkoba secara berulang dapat membuat perubahan dalam otak sang pengguna yang mengakibatkan kondisi candu ini.

Banyak jenis narkoba akan mengakibatkan otak kita untuk penuh dengan dopamin. Singkatnya, dopamin adalah sesuatu yang diproduksi oleh tubuh kita sendiri untuk membuat kita merasa senang. Pada dosis normal, tentunya tidak akan ada masalah, tapi banyak jenis narkoba yang merangsang otak kita untuk memproduksi dopamin jauh lebih banyak dari level normal. Perasaan senang berlebihan inilah yang membuat orang bisa kecanduan. Karena sang pengguna merasa bahwa kesenangan yang ia dapatkan dari menggunakan narkoba sangat lebih baik dibandingkan aktivitas lain, ia akan lebih malas untuk melakukan aktivitas lain. Inilah yang membuatnya sulit berhenti. Inilah salah satu alasan dibalik terjadinya kondisi candu narkoba.

Setelah mengetahui apa yang beberapa jenis narkoba tersebut lakukan kepada otak kita, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya candu narkoba? Ada banyak faktor yang menentukan apabila seseorang mungkin kecanduan narkoba. Semakin banyak faktor ini dalam diri seseorang, semakin tinggi kemungkinan dirinya kecanduan apabila terekspos kepada narkoba.

Pada anak-anak di jenjang sekolah, faktor utama adalah kemampuan mengontrol diri. Banyak anak yang belum bisa memutuskan apa yang terbaik untuknya di masa depan nanti. Maka dari itu dibutuhkan bantuan dari pihak otoritas seperti orangtua dan guru untuk membimbing mereka untuk bisa berpikir secara efektif untuk masa depannya. Selain itu, faktor seperti pergaulan, status ekonomi, dan stress juga berpengaruh.

Akhir kata, apabila seseorang sudah di tahap candu narkoba, sulit untuk menghilangkan kondisi candu tersebut karena secara biologis, otaknya sudah mengalami perubahan. Orang-orang yang sudah di tahap tersebut harus melewati berbagai terapi untuk kembali produktif. Maka dari itu, pencegahan sangatlah penting. Bimbing anak anda untuk memiliki kesadaran diri yang baik, agar mereka bisa mengontrol diri dan tidak mencoba narkoba, karena masa depan mereka berharga.

M.V. Saliechan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *